Berenang di Curug Love Bogor

Curug Love, Bogor

12 Ulasan

Curug Love adalah salah satu destinasi wisata terbaik yang bisa ditemukan di Bogor. Sebagaimana diketahui, Bogor memang menjadi daerah yang menawarkan cukup banyak tujuan wisata di Jawa Barat. Kota yang terkenal dengan Kota Hujan ini selalu memberikan ide wisata menarik untuk wisatawan baik dari Jawa Barat ataupun daerah lainnya.

Seperti namanya, curug adalah sebuah air terjun. Ide wisata Curug Love Nanggung merupakan destinasi wisata alam yang begitu menarik. Lanskap alam yang indah akan menyajikan udara yang sejuk dan bisa menjadi pereda stress yang timbul karena suasana suntuk di kota.

Alamat, Rute & Cara Menuju

Lokasi dan Alamat Lengkap:Desa Bantar Karet, Nanggung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat
Jam Buka:Setiap hari (07.00 – 17.00 WIB)

Lokasi Curug Love ada di Desa Bantar Karet, Nanggung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Jika Kamu berangkat dari Jakarta, maka Kamu bisa berangkat menuju ke Bogor melalui Tol Jagorawi. Setelah itu, keluar dari gerbang tol Sentul City dan belok kiri menuju Jungle Land.

Sebelum gerbang Jungle Land, belok kanan menuju jalan perkampungan hingga pertigaan. Setelah itu, belok kiri dan ikuti jalan hingga melihat petunjuk ke arah air terjun. Lurus dan Kamu akan sampai di lokasi sekitar 20 hingga 30 menit lagi.

Fakta Menarik (Fun Facts)

Curug Love Bogor memang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Kamu yang berkunjung ke tempat ini pasti akan sangat terpukau dengan lanskap alam di daerah ini. Tidak hanya keindahan alamnya, ada cukup banyak pesona menarik dan aktivitas wisata yang bisa dilakukan di tempat ini. Nah, beberapa hal menarik dan ide wisata di destinasi wisata ini adalah:

Jelajah Alam

Jelajah Alam di Curug Love Bogor
Foto by: denuryana
Trekking di Curug Love Bogor
Foto by: @sisilprscl

Pengelola destinasi wisata menyediakan menu wisata jelajah alam bagi para pengunjung. Dengan ide wisata ini, Kamu berkesempatan untuk berjalan mengitari sekeliling air terjun. Nah, pada menu liburan ini, Kamu bisa melihat keindahan alam yang begitu menakjubkan dan pengalaman yang seru, terutama dengan jalanan sekitar air terjun yang menantang.

Body Rafting

Untuk Kamu yang ingin menguji adrenalin, Curug Love menyediakan ide wisata body rafting. Ide wisata ini akan memacu Kamu menyusuri sungai dengan aliran cukup deras menggunakan ban karet. Kamu yang suka petualangan, tentu akan sangat tertantang dengan ide liburan ini. Nah, pengelola siap memberikan pengamanan yang maksimal untuk para pengunjung.

Berkeliling di Hutan Pinus

Hutan Pinus di Sekitar Curug Love Bogor
Foto by: @tiara.lestari

Di sekitar wisata air terjun ini terdapat hutan pinus yang cukup besar dan lebat. Di dalam hutan terdapat banyak sekali pohon yang menjulang tinggi. Nah, Kamu bisa menjadikan hutan pinus ini sebagai alternatif liburan. Bersantai di hutan pinus adalah ide menarik untuk merasakan sejuknya udara hutan.

Mandi di Sekitar Air Terjun

Berenang di Curug Love Bogor
Foto by: @dennyirawanphotos

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Curug Love tanpa mandi di sekitar air terjun. Ya, pengelola memang menyediakan salah satu tempat untuk mandi bagi para pengunjung. Bermain air di bawah guyuran air tentu akan sangat menyegarkan dan menyenangkan.

Mitos yang Ada di Curug Love

Mitos Curug Love Bogor
Foto by: @rexy_01septiansyah

Ada mitos Curug Love yang turun temurun dipercayai. Mitos yang dimaksud adalah adanya suara wanita di sekitar air terjun. Penduduk setempat meyakini bahwa suara wanita itu berasal dari Putri Kencana yang merupakan putri kerajaan. Nama putri tersebut menjadi asal usul nama air terjun Putri Kencana, nama lain dari Curug Love.

Fasilitas

Fasilitas:Paket out bound, sewa ban, pelampung, tenda
No Telepon:

Ada beberapa fasilitas menarik yang disediakan pengelola untuk wisata Curug Love Sentul. Salah satu fasilitas yang terbaik adalah paket out bound yang siap menguji adrenalin Kamu. Selain itu, di sekitar lokasi juga terdapat penyewaan alat-alat wisata, seperti ban, pelampung dan tenda yang bisa dimanfaatkan.

Harga Tiket Masuk (HTM)

Harga Tiket Masuk:Rp. 10.000 / Orang
Biaya Parkir:
  • Rp. 5.000 (Sepeda Motor)
  • Rp. 10.000 (Mobil)
Lain – Lain:

Tips Saat Berkunjung

Jika Kamu ingin berwisata ke Curug Love Bantar Karet, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Adapun beberapa tips tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Jika menggunakan kendaraan pribadi, pastikan kendaraan dalam kondisi prima.
  2. Waktu terbaik berkunjung adalah ketika musim hujan saat debit air penuh.
  3. Hubungi pengelola jika hendak menggunakan fasilitas outbound.
  4. Bawa baju ganti apabila Kamu ingin bermain air/berenang di curug ini.
  5. Siapkan kamera (handphone/digital/slr) untuk mengabadikan moment mu.
  6. Bawa sepatu yang cocok untuk hiking, karena kamu harus trekking dulu sebelum menuju ke air terjun.

Nah, demikian beberapa ulasan menarik terkait ide wisata di Curug Love Bogor. Segera saja buat rencana liburan Kamu dan nikmati kesejukan air terjun di Bogor ini bersama keluarga atau kerabat tercinta.

12 Ulasan Pengunjung Curug Love, Bogor

  1. Curug ini sebenarnya unik karena jatuhnya air terjun membentuk cekungan-cekungan pada batuan di bawahnya. Sehingga membentuk celah celah seukuran satu orang dewasa yang berkelok-kelok sepanjang kurang lebih 50 meter.. . Namun karena belum dikelola secara profesional, curug ini seperti kurang tertata dan terawat. Misalnya akses jalan menuju lokasi curug yang melewati persawahan hanya bisa dilalui satu orang saja.Begitu juga rumput atau tumbuhan liar yang tumbuh diatas batu-batuan mengurangi keindahan curug ini.. . Menunggu sentuhan….

  2. Like canyon, aliran airnya membentuk lika-liku tebing dan terlihat lapisan” tanah yg mewarnai corak tebingnya. Retribusi 10k dan parkir 5k untuk motor. Aksesnya cukup mudah dari tempat parkir

  3. Tempat nya masih asri. HTM nya 10rb/orang. Pengelolaan nya oleh masyarakat. Bapak-bapak pemilik nya ramah dianter sampai tempat Curug. Tapi kesini lagi lumayan surut jadi hanya sedengkul. Kalo lagi musim hujan bisa sampai seleher kata ibu.

  4. Tempatnya masih dikelola secara swadaya sama masyarakat, namanya Pak Diding. Jadi masih sederhana, tapi ada kamar mandi, kamar cuci, jemuran, saung dan warung. Tapi justru saya malah berharap kalau tempatnya masih “polos”.. . Saya ke sana bulan 12 November 2019. Kondisi cuaca habis hujan deras 1 hari sebelumnya. Peralihan dari kemarau ke musim hujan. Sudah agak banyak debit air, tapi ga sejernih awal kemarau. Memang kalo ke sini waktu yang tepat harus di saat cerah sekitar Maret, weekday Jam 9 pagi pas matahari baru terbit, di situ baru bisa dapet pemandangan cantik air yang biru. Oh ya pas lagi berenang ga lama di atas kepala ada ular sawah. Jadi tetap waspada. . . Untuk tempat saya rasa sangat aman, batunya kesat, kesan pertama pasti bakal takut karena terkesan curam begitu turun ternyata asyik banget.

  5. Tempatnya masih dikelola secara swadaya sama masyarakat, namanya Pak Diding. Jadi masih sederhana, tapi ada kamar mandi, kamar cuci, jemuran, saung dan warung. Tapi justru saya malah berharap kalau tempatnya masih “polos”.. . Saya ke sana bulan 12 November 2019. Kondisi cuaca habis hujan deras 1 hari sebelumnya. Peralihan dari kemarau ke musim hujan. Sudah agak banyak debit air, tapi ga sejernih awal kemarau. Memang kalo ke sini waktu yang tepat harus di saat cerah sekitar Maret, weekday Jam 9 pagi pas matahari baru terbit, di situ baru bisa dapet pemandangan cantik air yang biru. Oh ya pas lagi berenang ga lama di atas kepala ada ular sawah. Jadi tetap waspada. . . Untuk tempat saya rasa sangat aman, batunya kesat, kesan pertama pasti bakal takut karena terkesan curam begitu turun ternyata asyik banget.

  6. Lokasinya luar biasa jauh dari Jakarta bila menggunakan kendaraan bermotor tp bila sampai sana cape kita terbayar oleh objek kecil Curug dan pahatan batu oleh air yg keren .. diatas jg sudah ada warung santai dan toilet. .secara umum Curug ini milik pribadi tp dibuka umum

  7. Destinasi baru dibogor yg boleh dicoba kunjungi krn tempat’a bagus & masih dikelola masyarakat sekitar’a & bagus u foto2

  8. Tempatnya masih asri, jajanannya murah…aman buat anak2 main disini

  9. Curug sangat bagus di deket pongkor, cuma memang tdk begitu besar.

  10. Curug love mungkin menurut saya ini mah bukan curug akan tetapi Goa love. . Lokasi Ketempat sini engga terlalu banyak rintangan alias Baik² saja dan gajauh juga dari parkiran Lumayan baguslah tempat nya tapi sayang tadinya mau mandi tapi Banyak anak kecil rame sekali terus pengunjung yang lain juga mau foto² nya kurang enak gimana gitu, udah mah lama lagi mandinya terus pengunjung makin siang makin rame edisi Hari Weekend.. Minggu 07 – 05 – 2020. Follow Instagram @pajar.sgt_

  11. Entah ini yang ke berapa kali, berkunjung ke curug love, sering bgt. Dari curug love ini lovenya kliatan sampe batu longsor ke curug menjadi ngak kliatan, yg membanggakan dari curug ini, gampang bgt di lalui, 10 menit dari jalann raya, terus menyerupai greencanyon mennurutku sih, jadi aku sebutnya Litle Greencanyon, karena dinding batu batu nya Bagus bangeet, sukak, dan dia ini di kelilinngi sawah loh, SEJUKKAN.

  12. Orang penjaganya ramah. Tempatnya cantik. Datang pagi² sebelum rame jam 7am

Tinggalkan Balasan