Curug Lieuwi Lieuk

Curug Leuwi Lieuk, Bogor

12 Ulasan

Bogor merupakan salah satu kota di Indonesia yang tepatnya ada di Jawa Barat. Kota ini memiliki dan selalu menyuguhkan keindahan alam yang menakjubkan. Salah satu ikon wisata di Bogor yang sangat melekat di hati masyarakat adalah air terjunnya. Ya, dengan tipografinya yang sebagian berupa pegunungan, membuat kota Bogor memiliki banyak air terjun, atau dalam Bahasa Sunda dikenal dengan nama curug. Salah satunya adalah Curug Leuwi Lieuk yang sedang hits saat ini.

Bukan hanya itu saja, spot curug baru selalu saja bermunculan jika tempat lainnya telah terjamah. Misalnya belakangan ini sedang ramai dengan munculnya beberapa curug di Sentul Bogor, dan dari sederet curug tersebut, Curug Leuwi Lieuk memang tidak boleh Kamu lewatkan.

Curug Leuwi Lieuk merupakan salah satu curug yang berada di kawasan curug sentul Bogor. Curug ini berdekatan dengan Curug Leuwi Hejo yang telah tekenal lebih dulu. Tentunya Kamu sudah mengetahui banyak tentang Curug Leuwi Hejo bukan?

Alamat, Rute & Cara Menuju

Lokasi dan Alamat Lengkap:Pabuaran, Cibadak, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat
Jam Buka:Setiap hari (07.00 – 17.00 WIB)

Curug Leuwi Lieuk berada di Wangun, Celingusi, Karang Tengah, Babakan Madang, Cibadak, Sukamakmur, Bogor Jawa Barat, sehingga rute menuju wisata Bogor ini adalah dari Bunderan Nirwana, kemudian belok ke kiri menuju Jungleland. Setelah masuk melalui pintu masuk sebelah kanan, akan ada jalan menanjak, maka ikutilah jalan tersebut. Setelah menemukan pertigaan, maka ambil arah kiri dan jalan terus sekitar 5 km, akan ada spanduk yang bertuliskan Curug Leuwi Hejo, maka ikuti petunjuk arah tersebut.

Curug Leuwi Lieuk, Curug Barong dan Curug Leuwi Hejo memiliki arah yang sama. Namun memang untuk menuju ketiganya masih minim plang atau petunjuk arah. Dengan demikian, jika Kamu tak menemukan plang atau petunjuk arah setelah berjalan 5 km dari pertigaan, maka cobalah bertanya pada warga sekitar.

Fakta Menarik (Fun Facts)

Curug Leuwi Lieuk Bogor
Sumber: https://www.instagram.com/sapanusantara/

Keunikan dari leuwi Curug Leuwi Lieuk Bogor adalah memiliki air yang berwarna hijau tosca, sehingga curug ini disebut dengan green canyonnya Bogor. Sayangnya, akses jalan untuk mencapai curug ini memang butuh perjuangan ekstra, sebab Kamu butuh waktu sekitar 35 menit untuk mencapainya.

Untuk menuju lokasi Curug Leuwi Lieuk, Kamu harus berjalan kaki dengan rute perjalanan sama dengan menuju Curug Lewui Hajo dan Curug Barong. Dari parkiran, Kamu harus berjalan lurus kemudian akan menemukan persimpangan, jika lurus terus maka akan sampai di Curug Leuwi Hajo, dan jika memilih jalan menanjak akan sampai ke Curug Leuwi Lieuk dan Curug Barong.

Jika Kamu memilih menanjak, maka setelah 10 menit Kamu akan menemukan pertigaan, jika ke kiri maka menuju Curug Barong dan jika ke kanan maka akan menuju ke Curug Leuwi Lieuk.

Untuk mencapai curug ini, terdapat 2 cara, yakni dengan menelusuri sungai namun konsekuensinya baju Kamu akan basah, atau melalui bukit dengan jalur yang cukup menanjak.

Foto Curug Lieuwi Lieuk Bogor
Sumber: https://www.instagram.com/tiaariyanty19/

Meski akses jalan yang akan Kamu lalui cukup menantang, namun dari pertama kali Kamu menginjakkan kaki di depan Curug Leuwi Lieuk saja, rasa lelah atas perjuangan melewati jalan yang terjal, akan terbayar lunas dengan pemandangan yang sangat indah nan asri.

Curug Lieuwi Lieuk
Curug Lieuwi Lieuk

Dari atas bukit, Curug Leuwi Lieuk akan terlihat jelas dengan air sungainya yang berwarna hijau nan jernih, serta kokohnya tebing tinggi yang mengapitnya. Berenang dan berfoto merupakan hal yang wajib dilakukan di curug ini. Atau jika Kamu berani, Kamu bisa mencoba melompat dari atas tebing dengan ketinggian 6 meter. Sedangkan untuk kedalaman kolamnya sendiri yakni sekitar 4 meter. Sangat seru bukan?

Fasilitas

Fasilitas:Toilet, ruang ganti, mushola dan warung.
No Telepon:

Meski akses jalan ke Curug Leuwi Lieuk cukup menantang, namun fasilitasnya sudah cukup lengkap. Disana Kamu bisa menemukan berbagai fasilitas seperti tempat penitipan barang, kamar mandi yang terawat, serta tempat untuk shalat.

Harga Tiket Masuk (HTM)

Harga Tiket Masuk:Rp. 10.000 / Orang
Biaya Parkir:
  • Rp. 5.000 (Sepeda Motor)
  • Rp. 10.000 (Mobil)
Lain – Lain:

Berkunjung ke air terjun ini, kamu tidak perlu mengeluarkan budget yang tinggi. Hanya dengan tiket masuk 10 ribu rupiah per orang, kalian akan disuguhkan dengan panorama alam yang sangat indah. Retribusi tersebut juga tentunya untuk pengelolaan wisata agar selalu terjaga dengan baik.

Tips Saat Berkunjung

Bagi Kamu yang berniat untuk berwisata ke Curug Leuwi Lieuk, maka ada tips travel khusus untuk Kamu. Diantaranya yaitu:

  1. Pastikan mobil atau sepeda motor yang akan Kamu gunakan dalam keadaan yang prima.
  2. Berangkatlah pagi hari dari rumah, karena memang lokasinya yang lumayan jauh. Untuk Kamu yang berasal dari Jakarta, maka setidaknya Kamu harus menempuh perjalanan selama jam 5.
  3. Bawalah perlengkapan anti air yang mumpuni, agar Kamu tak ragu ketika akan bermain air atau trekking. Contohnya waterproof camera, dry bag, waterproof bag for mobile phone atau lainnya
  4. Bawalah kacamata renang, karena selain bisa digunakan untuk asyik berenang juga bisa digunakan untuk mencari barang yang tenggelam.
  5. Pastikan tidak meninggalkan sampah, dan jika menjemur pakaian tidak tertinggal.

Bagaimana sangat seru bukan perjalanan menuju Curug Leuwi Lieuk? Dan tentunya Curug Leuwi Lieuk memiliki segudang keindahan yang wajib Kamu kunjungi baik bersama teman atau pasangan. Dan ingat, jangan datang sendirian!

12 Ulasan Pengunjung Curug Leuwi Lieuk, Bogor

  1. Gabakalan kecewa deh kalo kesini wisata alam yang bener” asri, sejuk, jernih airnya, dan warga sekitar loket nya pun ramah ramah. Yang bilang banyak pungli mungkin karena masuk lewat Curug Leuwi Hejo aja karna setau saya Curug Leuwi Bejo sama Curug Leuwi Leuwik itu pengelolanya beda jadi bayar lagi dari Curug Leuwi Hejo. Di rekomendasikan kalo kesini lewat jalur kampung Cibereum. Yang penting jangan pernah ngeluh buat tracking aja hehehe karna pemandangan selama perjalanan juga akan memanjakan mata kita.

  2. Natalan 2019 kmaren, kesini kmaren bareng 3 anakku Yang umurnya 2,6 tahun, 5 tahun Dan 6 tahun… Pas bnaget momentnya hujan.. agak licin bletoknya.. apalagi lagi Hamil 38 weeks.. sacrifice bgt dah..anak anak Gak rewel Karena ini petualangan pertama mereka Naik turun tanjakan Dari parkiran mobil depan.. 🤭 tapikl bisa diperbagus lagi aksesnya… Airnya seger bgt.. berendem deh disanaa..

  3. Banyak bocah kampung yg hobby pungli ngeselin pen bgt gue obrak abrik tuh pungli tolong dong kalian buat tertibin saya ikhlas kalau dana tiket untuk memperbaiki lebih baik karna saya percanya kepada petugas negara, tapi kalau duit pungli buat bocah kampung sono kaga ikhlas gue asli

  4. Leuwinya bagus, airnya jernih. Ada warung di atasnya jadi bisa nongkrong kalo cape, harganya jg terjangkau. Untuk tiket masuk harganya 25rb include parkir. Tapi dari tmpt parkir ke leuwi tracknya lumayan susah buat yg gak kebiasa karena terjal & licin, jalan sekitar 15 menitan.

  5. Airnya sangat bening seperti kaca. Tempatnya bersih nyaman sngat cocok buat kalian yang ingin berenang di alam bebas🤣😎👍

  6. Curugnya bagus, tapi akses dari parkir ke tempat tujuan lumayan jauh jalannya, bisa di bilang sih latihan hiking easy, dan buat yg fisiknya lemah atau punya gangguan pernafasan fikir 100x lagi deh ya hehe, tapi klo cewek nya penasaran mau kesana coba di gendong aja kalau kuat 😁

  7. Tempat yang bagus untuk liburan akhir pekan bersama sahabat. Jarak dari parkiran ke curug lumayan jauh dan menanjak. Lumayan capek, tapi semua itu akan terbayar dengan pemandangannya.

  8. Di curug ini lo bisa lompat dari atas, beda dari curug curug lainnya, oia disini juga menyewakan pelampung. Akses untuk ke curug ini sangat banyak.

  9. Pungli nya di tertibin !!!!. . Alam punya Tuhan yang Maha Esa dan tanah negara bukan punya sekelompok atau segilintiran orang kampung. . Jadi jangan barbar kalau minta duit

  10. Tanya dong, semoga dijawab . . Lebaran hplus3 dibuka gak ya ?

  11. Wisata Alam Curug yg Bagus…. air nya juga jernih dan ga kotor..

  12. Terbayarkan pokoknya

Tinggalkan Balasan