Curug Cikuluwung Pamijahan Bogor

Curug Cikuluwung, Bogor

16 Ulasan

Wisata alam menjadi wisata yang sangat digemari masyarakat. Dan dari banyaknya kota yang ada di Indonesia, dari dulu Kota Bogor memang dikenal memiliki banyak objek wisata alam untuk dikunjungi. Seperti halnya Curug Cikuluwung yang menjadi destinasi wisata alam yang ramai diperbincangkan akhir-akhir ini.

Meski belum terlalu lama dibuka untuk umum, nyatanya curug ini mampu menarik banyak pengunjung dengan pesona alaminya yang tidak terbantahkan. Penarasan seperti apa Curug Cikuluwung? Simak informasi dibawah ini.

Alamat, Rute & Cara Menuju

Lokasi dan Alamat Lengkap:Kampung Suka Asih, Desa Cibitung Wetan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat
Jam Buka:Senin – Jumat (8.00 – 17.00 WIB)
Akses Jalan:Sedikit rusak dan curam
Petunjuk:Google Maps

Lokasi Curug Cikuluwung ini berada di Kampung Suka Asih RT.01/RW.08 Desa Cibitung Wetan, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat. Sayangnya, untuk sampai ke curug ini kamu harus melewati jalan yang cukup sulit dan bisa dikatakan berbahaya, sehingga bagi Kamu yang akan berkunjung harus ekstra hati-hati di dalam perjalanan menuju lokasi. Namun, jalan yang ditempuh tidak terlalu jauh bagi Kamu yang berjalan kaki.

Melihat sulitnya akses untuk sampai ke lokasi curug ini, maka sangat tidak disarankan bagi Kamu untuk mengajak anak kecil atau orang yang sudah “cukup” tua, karena resikonya yang terlalu tinggi dan ditakutkan akan menyebabkan terjadinya kecelakaan saat perjalanan.

Letak Curug Cikuluwung yang berada di tengah desa mau tidak mau membuat perjalanan menuju kesini akan terasa cukup jauh. Jika Kamu dari Bogor Kota, silahkan pilih rute menuju Dramaga melewati Cikampak, kemudian ke Cibatok sampai pertigaan Camplang. Setelah sampai di pertigaan, silahkan ambil rute sebelah kiri jalan terus. Dalam perjalanan, Kamu akan menemukan  Gang Gardu yang cukup curam setelah melewati sungai Cikuluwung.

Setelah menempuh perjalanan sekitar 10 menit dan melewati jalan bebatuan, Kamu akan menemukan papan petunjuk arah menuju Air Terjun Cikuluwung. Setelah menemukan papan arah tersebut, Kamu akan masuk wilayah perkampungan. Jika sudah, maka Kamu tinggal menemukan lokasi parkir curug. Terakhir, Kamu tinggal berjalan kaki sekitar 5 menit untuk sampai ke curug.

Fakta Menarik (Fun Facts)

Kekuatan sosial media memang tidak bisa disepelekan, terbukti pada Curug Cikuluwung ini. Awalnya, curug ini memang masih belum terlalu ramai, namun seiring banyaknya wisatawan yang mengunggah fotonya ketika berada disini, semakin banyak juga orang yang penasaran dan akhirnya memutuskan untuk mengunjungi tempat ini.

Lembah Batu

Curug Cikuluwung Bogor
Foto by: @idhayhidayat

Salah satu keunikan utama dari Curug Cikuluwung Bogor ialah letaknya yang berada diantara lembah berbatu. Hal ini tentu berbeda dengan kebanyakan curug atau air terjun yang biasanya terletak diantara bukit dan hijaunya pepohonan. Disini, Kamu malah tidak akan mendapati terlalu banyak pepohonan.

Beragam Aktivitas Seru

Wisata Curug Cikuluwung Bogor
Foto by: @arthurbeiserakbar

Ada cukup banyak aktivitas menyenangkan yang bisa Kamu lakukan ketika berkunjung ke Air Terjun Cikuluwung, seperti berenang, body rafting, hingga cliff jumping khusus untuk Kamu yang mempunyai keberanian lebih. Selain itu, curug ini juga memiliki kolam kecil yang bisa digunakan untuk berendam wisatawan.

Air Biru dan Jernih

Curug Cikuluwung Pamijahan Bogor
Foto by: @wandy_day94

Daya tarik lain yang dimiliki Air Terjun Cikuluwung ialah airnya yang berwarna biru. Warna air ini cukup berbeda dengan kebanyakan curug yang Ada di Indonesia. Untuk Kamu yang suka memotret, warna biru ini sangat bisa dijadikan salah satu objek ataupun latar belakang untuk memperindah fotomu.

Menurut pengelola Curug Cikuluwung, di lokasi ini akan segera dibangun jembatan diantara tebing yang nantinya bisa digunakan sebagai spot foto. Selain itu, akan dibuat juga rumah pohon untuk menikmati indahnya hutan dan pemandangan curug yang unik, serta pengelola kan menyediakan pelampung bagi wisatawan yang akan body rafting.

Mitos Warga Setempat

Mitos Curug Cikuluwung
Foto by: @gara.itsme_

Meskipun hanya sebuah mitos, namun kita perlu menghormati adanya hal tersebut. Menurut salah satu pengunjung, wanita yang sedang haid dianjurkan untuk tidak datang ke tempat ini. Selain itu, wisatawan juga dianjurkan untuk tidak mengenakan pakaian merah cabe.

Tentu yang terpenting jaga sopan santun terkait sikap, perkataan maupun busana. Tetap menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Fasilitas

Fasilitas Umum:Area parkir, sewa pelampung / ban, pemandu anak – anak, mushola, ruang ganti dan warung.
Sosial Media:Akun Instagram
No Telepon:

Meski dikelola oleh swadaya warga setempat, wisata alam ini menyediakan fasilitas yang cukup memadai. Kebutuhan wisatawan akan pemandu jalan, tempat beribadah, ruang ganti hingga warung untuk camilan sudah tersedia disini.

Harga Tiket Masuk (HTM)

Harga Tiket Masuk:Rp. 20.000 / Orang
Biaya Parkir:Rp. 5.000
Lain – Lain:Rp. 10.000 untuk Sewa Pelampung

Untuk bisa masuk kesini, Kamu cuma perlu membayar tiket masuk Curug Cikuluwung sebesar Rp. 20.000. Cukup murah bukan? Hanya dengan nominal tadi, Kamu sudah bisa memandangi dan menikmati pesona alami yang indah, sejuk dan juga menenangkan. Jangan lupa untuk mengambil foto sebanyak-banyaknya ya.

Tips Saat Berkunjung

Ketika Kamu berkunjung di Curug Cikuluwung, disarankan untuk tidak membawa bawaan yang terlalu banyak dan berat, karena perjalanan yang sedikit sulit dan hanya akan menyusahkan perjalanan Kamu. Selain itu, pastikan Kamu menggunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin untuk menghindari terpeleset, serta lebih baik jangan berkunjung pada saat hujan.

Nah, sekarang Kamu sudah tahu informasi lengkap tentang wisata Curug Cikuluwung kan? Kamu bisa segera membuat agenda untuk berkunjung ke curug ini. Jangan lupa tetap menjaga kelestarian alam dengan tidak membuang sampah sembarangan. Semoga bermanfaat.

16 Ulasan Pengunjung Curug Cikuluwung, Bogor

  1. Tempat terpencil yang lumayan jauh untuk ditempuh. Saya dan teman-teman saya pergi ke Curug Cikuluwung 1, yang di atas, ada satu lagi Curug Cikuluwung 2 di bawah tapi beda harga tiket masuk lagi. Kita bisa santai setelah bermain air di curug di bale yg disediakan warga, makanan cukup murah harganya. Kamar mandi bilas yang sudah cukup baik. Dan Curug yang sangat indah di bawah, airnya jernih dan agak biru kehijauan. Namun sayang, tidak terlalu bisa menikmati jika air sedang mengalir deras. Dan sepertinya lebih enak jika datang ke Curug hari kerja, kalau hari sabtu-minggu pengunjung ramai jadi harus bergantian untuk pakai pelampung. . . Overall, it was enjoyable and beautiful Curug!!!

  2. Ikutin maps nanti pintu masuknya ada dikanan agak curam karena ada perbaikan jalan tepat didepannya. Parkir motor bayar 5rb terus nanti ada anak kecil gitu yg nganterin ke curugnya kita kasih berapa aja seikhlasnya. Sampai dicurug 1 bayar 30rb termasuk pelampung. Jam 12 staffnya istirahat siang jadi kalau sudah dicurug sebelum itu naik dulu, nanti jam set 1 masuk lagi. Kolam 1 di curug 1 gaboleh renang karena ada pusaran airnya. Jadi rada sempit di kolam 2 dan 3 nya kalau pengunjung lagi ramai. Air kolam 3 dalam, jadi bisa untuk renang orang dewasa. Untuk berfoto foto lebih baik ke curug 1, namun kalau membawa keluarga termasuk anak kecil lebih baik ke curug 2.

  3. Kita kesini udah bela2in nginap di Bogor, buat berangkat pagi karena dari review sebelumnya bilang kudu pagi-pagi biar gak rame. Alhasil kita sampai jam 6 dong ditempat dan eng i eng :D. . Curug open jam 8, mau jam berapa pun kesini tetap harus nunggu petugas nya. Lokasi sudah sesuai maps, cuman kalau bawa mobil mungkin kesusahan karena jalannya kecil dan tebing nya brroooh hehehe. . Bener nih kata reviewer yg lain, disini penduduk nya ramaaahh bangeet dah, terus ntar bakal dianterin sampai ke gapura nya.. . Curug nya memang bagus bener karena tebing nya dan kita memang gak terlalu menikmati karena sehabis hujan wkwkwwk

  4. Curug yang sangat bagus&masih jarang yg mengetahui.😍🌈 untuk biaya masuk nya 30rb,parkir 5rb.kmrin saya dianterin warga sampai gapura&bayar dia seikhlasnya. Lumayan mahal si tpi kebayar lah sama pemandangannya. Kl cuma ksini foto2 doang sayang bgt karna airnya jernih banget&bikin pengen lgsg nyebur hehe. Saya saranin klo mau kesini weekday aja trs pagi ya biar bnrbnr dpet viewnya&juga masih sepi!hehe thankyou

  5. kalau kesini saya anjurkan jangan musim penghujan sih,kemaren perjalanan dari tangerang ke curug cikuluwung 3 jam,pengennya sih dua2 nya saya datengin karena nunggu hujan reda jam 10.30 kami baru berangkat dari tangeeang,jam 2 kami sampao disana mendung allhamdulillah ga gelap petunjuk lewat gps,kami sampailah di curug,warga disana welcome sangat ramah,titip motor cuma 5k,ada anak2 yg mau anter kami kasih 10k,dan masuk 20k perorang,didalem ketemu mang abi yg jual kopi kayaknya baikk juga,kbtulan di curug 2 yang dibuka,ada 6 rombongan dari lebak ,kami dilarang bernenang karena arus deras,sy juga parno foto2 ngeri dinding curug jebol,foto2 juga was2,sekira sejaman foto2 dn basahin muka kami pulang sehabis ashar,sampe ditengah perjalanan ke tangerang,temen sadar hape masih do carger di warkop,pas kami balik warga disana tau kami ktingalan hape ahirnya mang abi samperin kami,krena ga brapa lama nyusul ternyata kami melesat dengan cepat,hape allhamdulillah masih di rawatin,perjalanan kami kemrin puasss walau bisa nikmatin sejam di curug,appaun langkah cerita kita selama perjalanan selalu menemukan hal2 kecil kebaikan dari alam dn sekitarnya,disini enak karena curug ga jauh dari pemukiman warga,enaknya juga kami pas weekdays jadi lebih leluasa

  6. sampe jam 9 pagi suruh tunggu sampe jam 12 ok karna air y banjir istirahat di warung karna bosan ahirya turun jam 11.20 mau liat2 ke curuq ya tapi harus beli tiket dulu 30.000 perorang ok g masalah ahirya turun dan istirahat di pinggir air curuq santai . pas jam 12 tempat ya suruh di kosongin jadi di suruh naik lagi bener2 suruh naik turun curuq seharusya pas tadi waktu turun di jelasin kalo jam 12 atau mau pas azan zuhur tempat itu harus kosong . dan waktu parkir motor untuk ketempat wisata itu harus lewatin rumah2 warga setempat😑 . mungkin karna w aja kali yang datang bukan di waktu yang tepat. ahir ya berenang di curuq ya batal. karna gerimis😣😣😣😣

  7. Bagus sii tapi kayanya lebih bagus kalo ga musim kering. Trek ke air terjunnya juga lumayan sadis sii (mending ga pake alas kaki).. Saran juga mending masuk ke curug 1 aja dulu. Buat para perempuan mitosnya ga boleh pake baju merah dan kalo mens sama sekali ga boleh turun ke air terjun. Jadi disarankan kalo mens tahan dulu kesininya hihi

  8. 🗓️ 15/06/2019. 📍Curug Cikuluwung. 💰 Rp.30.000/org. 😋 Curug Cikuluwung 1 ini letaknya di Desa Cibitung Wetan. Begitu di area parkir, jalan sedikit sudah sampai di warung tempat untuk istirahat sehabis berenang di curug. Cikuluwung memang sudah di swadaya menjadi tempat wisata, baru dibuka awal tahun 2018 masih hitz deh pokoknya.. .. Tapi, Cikuluwung 1 ini menurut aku kurang cocok di rekomendasikan untuk orangtua dan anak-anak yang belum terbiasa, karena medan waktu turun ke bawahnya itu cukup curam sekitar 45°. Ditambah harus climbing pakai tali tambang kira-kira 2 meter karena tangga kayu tidak bisa full sampai ke bawah.. .. Jadi kalau bawa keluarga kesini lebih baik ke Cikuluwung 2, lebih santuy buat jalan menuju ke air terjunnya.

  9. Punten kak, klo buat hari minggu ini bka gk ya

  10. Tempatnya ok.. Baru kroscek nanya tiket masuk dah gerah duluan dengernya, Rp.30rb/org.. mungkin karena liat kita bawa mobil plat B kali ya hedeeuuhhh

  11. Sekarang terlalu komersil..nggak sprti dlu..klo bisa ngolah wisata nya sprti di jawa tengah dan daerah istimewa jogjakarta murah meriah.

  12. Keren klw buat foto2 batu batuan nya oke bngt, ga kapok jauh2 Dateng ke sini

  13. Puas deh pokoknya pas dah nyampe sana.. Wiessssss gila, indah banget

  14. Kurang bagus dari segi pengelolanya tapi cukup ramah sama pengawas di curug 2 nya mantap

  15. Lebih enak naik motor kesananya, naik mobil kecil juga gpp.. track kesananya yg lumayan sempit

  16. alhamdulillah beruntung ke sini, pas lagi kondisi bagus airnya dan bening. liat review disini sebelum*nya ada yg keruh + deress air nyaaa. mantul lahhhhh ga sia siaaa ke sini. . btw ini di curug 2 , harga 20k. kalau pake pelampung 10k. disini gua gapake pelampung karena hematt bajet haha

Tinggalkan Balasan