Agung Membagikan segala hal mengenai perjalanan wisata agar travelingmu lebih nyaman dan menyenangkan!

Curug Cikuluwung

Curug Cikuluwung Pamijahan Bogor

Informasi Tentang Wisata Curug Cikuluwung

Letak, Lokasi dan Alamat Lengkap: Kampung Suka Asih RT.01/RW.08 Desa Cibitung Wetan, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat
Situs Resmi: Akun Instagram
Hari dan Jam Operasional: Setiap Hari (8.00 – 17.00 WIB)
Harga Tiket Masuk: Rp. 10.000
Telepon: +6282111190828

Rutemu – Wisata alam menjadi wisata yang sangat digemari masyarakat. Dan dari banyaknya kota yang ada di Indonesia, dari dulu Kota Bogor memang dikenal memiliki banyak objek wisata alam untuk dikunjungi. Seperti halnya Curug Cikuluwung yang menjadi destinasi wisata alam yang ramai diperbincangkan akhir-akhir ini.

Meski belum terlalu lama dibuka untuk umum, nyatanya curug ini mampu menarik banyak pengunjung dengan pesona alaminya yang tidak terbantahkan. Penarasan seperti apa Curug Cikuluwung? Simak informasi dibawah ini.

Apa yang Kamu Dapatkan di Curug Cikuluwung?

Kekuatan sosial media memang tidak bisa disepelekan, terbukti pada Curug Cikuluwung ini. Awalnya, curug ini memang masih belum terlalu ramai, namun seiring banyaknya wisatawan yang mengunggah fotonya ketika berada disini, semakin banyak juga orang yang penasaran dan akhirnya memutuskan untuk mengunjungi tempat ini.

Salah satu keunikan utama dari Curug Cikuluwung Bogor ialah letaknya yang berada diantara lembah berbatu. Hal ini tentu berbeda dengan kebanyakan curug atau air terjun yang biasanya terletak diantara bukit dan hijaunya pepohonan. Disini, Kamu malah tidak akan mendapati terlalu banyak pepohonan.

Lainnya:  Devoyage Bogor
Curug Cikuluwung Bogor
Foto by: @idhayhidayat

Ada cukup banyak aktivitas menyenangkan yang bisa Kamu lakukan ketika berkunjung ke Air Terjun Cikuluwung, seperti berenang, body rafting, hingga cliff jumping khusus untuk Kamu yang mempunyai keberanian lebih. Selain itu, Curug Cikuluwung juga memiliki kolam kecil yang bisa digunakan untuk berendam wisatawan.

Wisata Curug Cikuluwung Bogor
Foto by: @arthurbeiserakbar

Daya tarik lain yang dimiliki Air Terjun Cikuluwung ialah airnya yang berwarna biru. Warna air ini cukup berbeda dengan kebanyakan curug yang Ada di Indonesia. Untuk Kamu yang suka memotret, warna biru ini sangat bisa dijadikan salah satu objek ataupun latar belakang untuk memperindah fotomu.

Curug Cikuluwung Pamijahan Bogor
Foto by: @wandy_day94

Menurut pengelola Curug Cikuluwung, di lokasi ini akan segera dibangun jembatan diantara tebing yang nantinya bisa digunakan sebagai spot foto. Selain itu, akan dibuat juga rumah pohon untuk menikmati indahnya hutan dan pemandangan curug yang unik, serta pengelola kan menyediakan pelampung bagi wisatawan yang akan body rafting.

Rute & Cara Menuju ke Curug Cikuluwung

Lokasi Curug Cikuluwung ini berada di Kampung Suka Asih RT.01/RW.08 Desa Cibitung Wetan, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat. Sayangnya, untuk sampai ke curug ini kamu harus melewati jalan yang cukup sulit dan bisa dikatakan berbahaya, sehingga bagi Kamu yang akan berkunjung harus ekstra hati-hati di dalam perjalanan menuju lokasi. Namun, jalan yang ditempuh tidak terlalu jauh bagi Kamu yang berjalan kaki.

Lainnya:  Gunung Parang

Melihat sulitnya akses untuk sampai ke lokasi curug ini, maka sangat tidak disarankan bagi Kamu untuk mengajak anak kecil atau orang yang sudah “cukup” tua, karena resikonya yang terlalu tinggi dan ditakutkan akan menyebabkan terjadinya kecelakaan saat perjalanan.

Letak Curug Cikuluwung yang berada di tengah desa mau tidak mau membuat perjalanan menuju kesini akan terasa cukup jauh. Jika Kamu dari Bogor Kota, silahkan pilih rute menuju Dramaga melewati Cikampak, kemudian ke Cibatok sampai pertigaan Camplang. Setelah sampai di pertigaan, silahkan ambil rute sebelah kiri jalan terus. Dalam perjalanan, Kamu akan menemukan  Gang Gardu yang cukup curam setelah melewati sungai Cikuluwung.

Setelah menempuh perjalanan sekitar 10 menit dan melewati jalan bebatuan, Kamu akan menemukan papan petunjuk arah menuju Air Terjun Cikuluwung. Setelah menemukan papan arah tersebut, Kamu akan masuk wilayah perkampungan. Jika sudah, maka Kamu tinggal menemukan lokasi parkir curug. Terakhir, Kamu tinggal berjalan kaki sekitar 5 menit untuk sampai ke curug.

Harga Tiket Masuk Curug Cikuluwung

Untuk bisa masuk kesini, Kamu cuma perlu membayar tiket masuk Curug Cikuluwung sebesar Rp. 10.000. Cukup murah bukan? Hanya dengan nominal tadi, Kamu sudah bisa memandangi dan menikmati pesona alami yang indah, sejuk dan juga menenangkan. Jangan lupa untuk mengambil foto sebanyak-banyaknya ya.

Tips Berkunjung ke Curug Cikuluwung

Ketika Kamu berkunjung di Curug Cikuluwung, disarankan untuk tidak membawa bawaan yang terlalu banyak dan berat, karena perjalanan yang sedikit sulit dan hanya akan menyusahkan perjalanan Kamu. Selain itu, pastikan Kamu menggunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin untuk menghindari terpeleset, serta lebih baik jangan berkunjung pada saat hujan.

Lainnya:  Curug Leuwi Lieuk

Nah, sekarang Kamu sudah tahu informasi lengkap tentang wisata Curug Cikuluwung kan? Kamu bisa segera membuat agenda untuk berkunjung ke curug ini. Jangan lupa tetap menjaga kelestarian alam dengan tidak membuang sampah sembarangan. Semoga bermanfaat.

  • Keindahan dan Panorama
  • Akses ke Lokasi
  • Fasilitas
  • Biaya
Overall
4.7
Agung Membagikan segala hal mengenai perjalanan wisata agar travelingmu lebih nyaman dan menyenangkan!

Tafso Barn

Agung
3 min read

The Ranch

Agung
2 min read

Orchid Forest Cikole

Agung
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sending