Bukit Watu Jengger Mojokerto

Bukit Watu Jengger, Mojokerto

17 Ulasan

Mendaki gunung menjadi satu hobi yang diminati banyak anak muda Indonesia, ditambah lagi Indonesia memang salah satu negara yang memiliki cukup banyak gunung yang biasa didaki. Jika berbicara mengenai mendaki gunung atau puncak, tidak lengkap rasanya jika tidak menyebutkan nama Bukit Watu Jengger yang cocok untuk pemula.

Ketinggiannya yang tidak terlalu ekstrim memang membuat banyak orang yang tertarik dan berani untuk mendaki puncak ini. Nah, kalau Kamu adalah satu yang sedang merasa penasaran dengan Puncak Watu Jengger, akan lebih baik jika Kamu menyimak beberapa informasi pentingnya berikut ini.

Alamat, Rute & Cara Menuju

Lokasi dan Alamat Lengkap:Hutan Jatirejo, Desa Nawangan, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto.
Jam Buka:Setiap hari (24 Jam)
Petunjuk:Google Maps
Rute Menuju ke Bukit Watu Jengger
Rute Menuju ke Bukit Watu Jengger

Lokasi Bukit Watu Jengger berada di Hutan, Jatirejo, Mojokerto, Jawa Timur. Untuk berkunjung ke lokasi tersebut, Kamu bisa melewati jalan menuju Jatirejo – Wonosalam, disitu Kamu akan menemukan persimpangan Desa Lebak, lalu ikuti jalan ke arah Desa Nawangan.

Ketika sudah berada di Jalan Desa Nawangan, Kamu harus berhati – hati karena jalan yang akan dilalui cukup rusak dan naik turun. Setelah melewati jalan yang rusak tersebut, ikuti petunjuk arah yang menuju ke Bukit Watu Jengger. Tidak terlalu lama, Kamu akan segera menemukan pedesaan yang ada tempat parkir bagi wisatawan Puncak Watu Jengger ini.

Fakta Menarik (Fun Facts)

Berikut ini merupakan fakta-fakta yang akan Kamu temukan saat pendakian ke puncak bukit ini. Silahkan simak poin-poinnya.

Trekking ke Puncak yang Pemula Friendly

Puncak Watu Jengger Mojokerto
Foto by: @muilchariri.13

Puncak Watu Jengger adalah bukit dengan ketinggian sekitar 1.100 meter di atas permukaan air laut. Bukit Watu Jengger ini sangat cocok bagi Kamu pendaki pemula yang ingin menikmati suasana indahnya alam ciptaan Tuhan.

Perlu diketahui bahwa Puncak Watu Jengger ini dikelilingi oleh hutan vegetasi yang asri, dan berada di dataran tinggi kawasan Taman Hutan Raya Raden Soeryo. Tidak heran jika bukit ini selalu diselimuti oleh kabut putih yang akan menambah kesejukan dan keindahan view Bukit Watu Jengger.

Keindahan Alam yang Asri

Bukit Watu Jengger Mojokerto
Foto by: @mr.syamsi_

Ketika kamu sudah sampai di ketinggian Watu Jengger, maka rasa sejuk akan langsung menyelimuti tubuh. Tidak hanya itu saja, namun keindahan setiap sudutnya juga akan selalu siap untuk memberikan pengalaman dan kesan dan tak terlupakan.

Pendakian Tidak Lama

Kabar baiknya lagi, jalur Watu Jengger yang perlu dilalui untuk sampai ke puncak cukup mudah. Kamu yang masih pemula dalam mendaki hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam saja, sedangkan bagi mereka yang sudah terbiasa mendaki bisa sampai ke puncak hanya dalam waktu sekitar 1 hingga 1.5 jam.

Jalur Bukit Watu Jengger
Foto by: @empit__

Namun, selama perjalanan menuju puncak Kamu akan menghadapi jalanan yang licin dan cukup menanjak, sehingga perlu ekstra hati-hati untuk melewatinya. Apalagi pada saat musim hujan, Kamu harus terus berusaha menjaga keseimbangan ketika menuju puncak agar tidak terpleset dan jatuh.

Lokasi Bukit Watu Jengger Mojokerto
Lokasi Bukit Watu Jengger Mojokerto

Beberapa bukit akan dilewati ketika Kamu menuju ke bukit Watu Jengger, hal ini tentunya akan menguras tenagamu untuk sampai di lokasi. Tetapi lelah perjalanan ini akan terobati setelah sampai di atas puncak dan menikmati sejuknya hembusan angin yang menyeka kulit serta indahnya panorama disana.

Harga Tiket Masuk (HTM)

Harga Tiket Masuk:Rp. 10.000 / Orang
Biaya Parkir:Rp. 5.000
Lain – Lain:

Tiket masuk Watu Jengger hanya Rp. 10.000 saja, cukup murah untuk menikmati keindahan alam puncak yang begitu alami. Suasana yang masih sejuk dan asri menjadi juga “fasilitas alami” yang dapat Kamu nikmati di Puncak Watu Jengger Mojokerto ini. Menariknya, jika kamu bisa turun dengan membawa sampah, maka kamu akan diberikan stiker oleh petugas sebagai penghargaan.

Tips Saat Berkunjung

Saat berkunjung di Puncak Watu Jengger, jangan lupa untuk membawa jaket karena udaranya yang cukup dingin. Selain itu, bawa juga bekal makanan dan minuman untuk mencegah lapar dan haus saat perjalanan. Untuk Kamu yang masih pemula, bawalah juga beberapa obat-obatan sederhana, tidak ketinggalan minyak kayu putih dan perban untuk berjaga-jaga.

Untuk persiapan ketika sudah sampai di puncak nanti, bawalah perlengkapan tenda yang lengkap, termasuk juga dengan jas hujan untuk berjaga-jaga, atau bisa juga untuk membantu menghangatkan tubuhmu jika nanti udara menjadi terlalu dingin.

Bagaimana, sudah tertarik untuk mendaki di puncak dari Bukit Watu Jengger? Segera agendakan untuk berkunjung ke puncak ini. Ajak teman-temanmu supaya perjalanan terasa ramai dan menyenangkan. Jangan lupa, tetaplah menjadi pendaki yang bijak dengan menjaga kelestarian alam untuk anak cucu di masa depan. Selamat mendaki!

17 Ulasan Pengunjung Bukit Watu Jengger, Mojokerto

  1. watu jengger bukit yang terdapat di mojokerto ini adalah salah satu bukit yang sangat indah. di samping pemandangan kaldera yang di sajikan oleh bukit watu jengger ini juga masi seringnya terlihatnya burung elang. walau saat ini saya tidak dapat mengambil gambar burung elangnya tapi saya cukup senang karenan denganasi ada nya burung elang berarti ekosistem di watu jengger masi sangat baik.. pesan saja buat temen- temen yang mau mendaki bukit watu jengger seperti biasa persiapkan mental klian walaupun ini bukit tapi tetap saja ini adalah alam bebas yang tidak dapt di prediksi akan terjadi apa kedepnnya jadi harap tetap memperhatikan mentalnya.. juga harap tetap menjaga kelestarian hutan bukit watu jengger jangan karena ingin eksisi malah kalian merusak alam seperti membuang samapa sembrangan, memetik bunga2 dll.. harap tetap menjaga etika saat berada di alam bebas.

  2. Akses kesana disarankan naik motor saja. Jalanannya tidak rata, jadi harus berhati – hati. Kalo malam tidak ada penerangam sama sekali.. . Untuk trackingnya tidak terlalu sulit, anak pantai pun dijamin mampu mendaki bukit ini.

  3. Berkali2 ke Watu Jengger ga pernah bosen. Buat yang mau trekking tipis2, Watu Jengger tempatnya. Buat yang mau trail run juga bisa. View nya oke banget. Orang2 di Pos juga baik banget.. Jarak tempuh juga tidak terlalu jauh. Minta tolong, sampahnya dibawa turun kalo yang habis kemping. Tanggungjawab akan sampahnya masing.

  4. Tempatnya sih bagus, recommended buat yang mau latihan ndaki kesana atau piknik tipis sama keluarga, temen, atau pacar. Medannya memang lumayan landai. Cuma tetep hati-hati aja. Karena kalo lagi musim hujan, jalannya lumayan licin.. So, tetep safety yak

  5. Cocok buat ngecamp, lebih baik waktu musim panas jangan musim hujan, recommended buat foto², lebih seru kalo bareng², aksesnya tidak terlalu sulit, harga cukup terjangkau, pemandangan sangat bagus.

  6. Ingin berkali-kali mengunjungi watu jengger, sungguh indah pemandangannya. Perjalanannya tidak terlalu nanjak cocok banget buat para pemula. Puncaknya keren sekali.

  7. Treknya Mudah, pemandangannya bagus tidak mengecewakan. Hanya sekedar saran kalau kesini lebih baik pagi atau sore sekalian, karena di puncak sedikit sekali tempat untuk bernaung.

  8. Treknya Mudah, pemandangannya bagus tidak mengecewakan. Hanya sekedar saran kalau kesini lebih baik pagi atau sore sekalian, karena di puncak sedikit sekali tempat untuk bernaung.

  9. Sungguh pengalaman sangat indah, disarankan bagi pengunjung untuk datang saat sunrise maupun sore hari, karena saat ini awan biasanya hilang dan sinar matahari lembut membuat pemandangan sangat indah!

  10. Bukit watu jengger, recomended untuk para pemula yang hendak mengawali hobi hikking karena rutenya yang mudah dengan dibantu palang petunjuk arah menuju ke puncak bukit.

  11. jangan kesana. jalannya rusak parah, pemandangannya jelek. mengecewakan banget

  12. Rumah Cahaya Santri Nawangan YBM PLN, Monggo berbagi cerita dan manfaat

  13. Tempat yg luar biasa, banyak peninggalan sejarah, sayang yg berkunjung d sana malah bikin masalah baru, sampah berserakan d mana2

  14. Bukit indah di kawasan Mojokerto. Cocok buat pendaki pemula. Panoramanya indah. Walau tak terlalu tinggi namun terbayar perjuangannya. Tiket masuk 10k asuransi1k. Murah meriah wisata alam

  15. Jalan memang masih parah .tapi Terbayar lunas oleh pemandangan.. parkir 10.000 , Tiket masuk 10.000 ,

  16. Tempatnya bagus..cocok utk pemula dan kepala desa setempat sangat membantu bila ada kendala utk pendaki. 😊😊😊😊

  17. Tempat pendakian yg tidak terlalu tinggi, cocok untuk keluarga atau pendaki pemula. Jalan yang mau ke desa Nawangan lumayan hancur sekitar 1-2km an, mungkin perlu di perbaiki

Tinggalkan Balasan