Balong Endah

Rutemu – Untuk daerah Jawa Barat, Bogor merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup ramai didatangi. Di Kota Hujan ini, terdapat cukup banyak destinasi wisata yang bisa dijadikan tujuan menikmati liburan bersama keluarga. Nah, jika Kamu hendak liburan, salah satu destinasi yang menarik untuk didatangi adalah Balong Endah yang terletak di pinggiran Kota Bogor.

Curug dalam bahasa Sunda berarti air terjun. Nah, di Curug Balong Endah ini, Kamu akan melihat keindahan air terjun yang begitu hakiki. Air yang bening dipadukan dengan pepohonan yang tumbuh menjulang dan bukit berbatu yang cukup tinggi. Tentu, keindahan alam akan tersaji dengan maksimal di tempat ini. Penasaran dengan destinasi wisata ini? Simak ulasannya!

Hal Menarik di Curug Balong Endah

Curug Balong Endah Bogor kini menjadi salah satu destinasi wisata yang begitu ramai di Bogor. Lokasi ini menawarkan ide wisata alam yang masih asri dan sejuk. Letaknya yang berada di atas perbukitan membuat destinasi wisata ini juga menawarkan hawa sejuk yang begitu menenangkan.

Kolam di Air Terjun Balong Endah Bogor
Foto by: @tioalifr

Kamu yang berkunjung ke tempat ini tentu akan mendapatkan kepuasan tersendiri. Lantas, apa saja yang menjadi keindahan dan bisa dilakukan saat berkunjung ke tempat ini?

Pancuran Air yang Indah

Curug Balong Endah Bogor
Foto by: @harryharyanto_10

Menu liburan utama di destinasi wisata ini adalah Leuwi Balong Endah atau air terjun. Kamu akan melihat air terjun yang cukup deras dan cukup tinggi. Suara deburan air yang jatuh menimpa batu membuat suasana menjadi cukup riuh untuk dinikmati. Volume air terjun cenderung stabil dan akan bertambah besar jika musim hujan tiba.

Kolam Alami Nan Jernih

Leuwi Balong Endah Bogor
Foto by: @hadjukemal

Di bawah air terjun, ada kolam yang cukup besar. Sumber air alami membuat kolam tersebut tampak begitu bening dan menyegarkan. Nah, Kamu bisa mandi dan berenang di kolam tersebut. Menurut perkiraan, kedalaman Curug Balong Endah beragam mulai dari 1 meter hingga sekitar 2 atau 3 meter.

Trekking Mengikuti Sungai

Sungai di Curug Balong Endah Bogor
Foto by: @hadjukemal

Jika Kamu tidak mau berenang, maka Kamu bisa duduk di tepi kolam sambil bermain. Selain itu, kamu bisa mengikut track air dari curug ini dan akan menumukan sungai dengan air yang sangat jernih. Kamu bisa berfoto dengan latar belakang sungai dan kolam yang bertingkat-tingkat.

Berpose di Tepi Bukit

Kedalaman Curug Balong Endah Bogor
Foto by: @algisan_9

Hal lain yang bisa dilakukan di area curug adalah berjalan – jalan di sekitar bukit. Air terjun ini dikelilingi oleh bukit dan kawasan hutan yang cukup lebat. Kamu yang suka berpetualang bisa naik ke atas bukit atau sekadar berjalan mengitari daerah bukit. Hal ini menarik di mana Kamu bisa berfoto dengan background alam yang masih asri.

Rute & Cara Menuju ke Curug Balong Endah

Lokasi dan Alamat Lengkap:Desa Gunung Picung, Kecamatan Pamijahan (Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak), Bogor, Jawa Barat
Jam Buka:Sabtu dan Minggu (8.00 – 15.00 WIB)
Petunjuk:Google Maps

Lokasi Curug Balong Endah secara lengkap ada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Desa Gunung Picung, Kecamatan Pamijahan, Bogor. Lokasi ini terletak diantara beberapa objek wisata lainnya, seperti Curug Pangeran. Perlu diketahui bahwa leuwi Balong Endah ini baru dibuka sekitar tahun 2016 sehingga bisa dikatakan objek wisata baru yang masih sepi dari pengunjung.

Perlu diketahui, akses ke lokasi ini bisa dikatakan masih cukup sulit karena jalan yang terjal. Untuk rute Curug Balong Endah, Kamu bisa memulai dengan menuju ke IPD Dramaga. Setelah itu, berangkatlah menuju ke Ciampea. Dari sini, Kamu akan menemukan persimpangan Cikampak. Belok dan ambil jalan yang menuju ke arah Gunung Bunder.

Dari lokasi Gunung Bunder, ikuti saja jalan utama dan Kamu akan menemukan gerbang taman nasional. Nah, di gerbang tersebut ada petunjuk jalan untuk mengarahkannya menuju destinasi wisata alam tersebut.

Fasilitas yang Ada di Curug Balong Endah

Dikarenakan masih baru dan asri, fasilitas di tempat ini belum bisa dikatakan lengkap. Jumlah kamar mandi yang ada di tempat ini masih terbatas dan belum ada mushala yang disediakan. Selain itu, warung makan di sekitar lokasi juga masih sangat terbatas.

Harga Tiket Masuk Curug Balong Endah

Harga Tiket Masuk:
  • TNG Halimun Salak Rp. 10.000 / Orang
  • Curug Kondang Rp. 10.000 / orang
  • Curug Balong Endah Rp. 7.500 / orang
Biaya Masuk Motor:
  • TNG Halimun Salak Rp. 5.000 / Orang
  • Curug Kondang Rp. 5.000 / orang
Lain – Lain:

Berbicara mengenai retribusi pada wisata ini, ada beberapa hal yang perlu Kamu ketahui. Pertama, Kamu akan dikenakan retribusi saat memasuki kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak beserta biaya per motornya. Jika sudah tiba di Curug Kondang, Kamu juga harus membayar biaya masuk dan kendaraan bermotor. Nah, retribusi terakhir dikeluarkan saat memasuki area Leuwi Balong Endah.

Tips Saat Berkunjung ke Curug Balong Endah

Ada beberapa tips yang sebaiknya Kamu ketahui sebelum berangkat ke destinasi wisata ini. Pertama, jangan berangkat ke lokasi jika cuaca hujan karena selain jalanan akan becek, liburan tentu akan terganggu.

Selain itu, bawalah beberapa pakaian ganti agar Kamu bisa mengeksplorasi ide wisata alam ini secara maksimal. Juga, bawa bekal makanan berat agar Kamu tidak repot harus mencari makanan di tempat ini. Sebagai tambahan, curug ini hanya buka saat akhir pekan saja. Perlu negosiasi ke petugas taman nasional jika berkunjung di hari kerja.

Nah, demikian beberapa review mengenai curug Balong Endah. Kamu bisa mendatangi curug ini sebagai menu wisata menyenangkan bersama kerabat. Tentu wisata ini sangat cocok bagi kamu yang suka dengan wisata alam.

5/5 (3 Reviews)

Leave a Comment