Connect with us

10 Cara FYP TikTok Bagi Pengguna Baru

Pengetahuan

10 Cara FYP TikTok Bagi Pengguna Baru

Akhir-akhir ini, tidak sedikit pengguna aplikasi media sosial TikTok yang mencari tahu informasi seputar 10 cara FYP TikTok sebagai sarana promosi dan dapat meningkatkan angka engagement konten yang dibuat. Sebab dengan konten video TikTok yang masuk dalam jajaran FYP, maka video yang dibuat akan dibagikan secara otomatis ke banyak pengguna TikTok lain dan berpeluang menjadikan sang pembuat konten cepat viral. Nah, jika Anda termasuk pengguna TikTok yang menginginkan hal ini, maka simak ulasan mengenai cara mudah membuat konten video bisa FYP di TikTok di artikel berikut. 

10 Cara FYP TikTok Agar Pengguna Lebih Cepat Viral

Pada dasarnya, FYP (For You Page) merupakan istilah yang bermakna halaman rekomendasi pada aplikasi TikTok yang akan muncul pertama kali setiap seseorang membuka aplikasi TikTok. Biasanya, halaman muka FYP ini akan disajikan banyak sekali video yang menjadi rekomendasi untuk ditonton bagi pengguna. Sehingga dengan adanya halaman ini, maka pengguna bisa berpeluang untuk menjadi viral di TikTok dan bahkan mendapatkan keuntungan tersendiri.

Bagi seseorang yang ingin viral di TikTok, maka hal utama yang perlu dilakukan yakni harus sudah mengunduh terlebih dahulu aplikasi TikTok di Google Play Store atau melalui link https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ss.android.ugc.trill dan mendaftarkan akun pengguna. Jika sudah tinggal menerapkan panduan cara FYP TikTok di bawah ini.

1. Unggah Video di Jam yang Ramai (Prime Time)

Salah satu tips yang bisa pengguna lakukan dalam menerapkan cara FYP TikTok yakni dengan mengunggahkonten video di jam-jam yang paling ramai, yakni ketika pengguna TikTok sedang aktif-aktifnya menggunakan aplikasi tersebut. Dalam hal ini, Anda bisa mengunggah video sesuai dengan jadwal ramai di aplikasi TikTok atau dikenal dengan TikTok prime time. Seperti misalnya pada siang hari (12.00 – 13.00 WIB), sore hari (16.00 – 17.00 WIB) dan malam hari (19.00 – 23.00 WIB).

2. Berikan Caption yang Menarik

Pada dasarnya, kolom caption tidak hanya sekedar untuk mengisi keterangan saja, akan tetapi caption juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi pengguna lain untuk melihat konten video TikTok Anda hingga akhir. S Oleh karena itu, pastikan disini Anda membuat caption bagian bawah sebuah video semenarik mungkin. Sebab dengan menuliskan caption yang menarik, maka hal ini dapat berpeluang untuk memicu terjadinya percakapan di kolom komentar dan sudah pasti  akan dapat meningkatkan engagement. 

3. Buat Konten Video yang Bisa Meningkatkan Engagement

Mengenai cara FYP TikTok yang bisa Anda lakukan selanjutnya yakni dengan mencoba membuat konten video yang dapat meningkatkan engagement antara pembuat konten video (content creator) dengan para follower-nya. Adapun dalam membuat konten video ini juga harus memperhatikan kualitas video yang dihasilkan agar unik, lucu dan pastinya original. Dengan demikian, maka hal ini akan membuat para follower TikTok Anda merasa puas dan bahkan berkenan untuk memberikan komentar sehingga dapat membantu meningkatkan ranking video yang dibuat.

4. Follow Akun Pengguna TikTok yang Sudah Verified

Mem-follow atau mengikuti akun-akun pengguna TikTok lain yang sudah verified atau sudah terverifikasi dan relate dengan akun Anda juga penting dilakukan dalam menerapkan cara FYP TikTok. Alasannya yakni karena disini Anda bisa memanfaatkan hal tersebut sebagai strategi khusus untuk dapat melihat jenis konten video apa yang tengah ramai atau sepi. Selain itu, Anda juga bisa menerapkan konsep ATM atau Amati-Tiru-Modifikasi, tetapi juga harus menciptakan konten video yang original agar memiliki ciri khas tersendiri.

5. Lakukan Kolaborasi dengan Content Creator Lain

Untuk menjadikan akun TikTok Anda semakin dikenal luas oleh pengguna lain, maka bisa membuat konten dengan berkolaborasi dengan para content creator TikTok lain. Baik itu konten yang berupa video duet, melakukan challenge bersama dan lain sebagainya. Umumnya, membuat konten video dengan berkolaborasi dengan content creator TikTok lain dinilai terbukti cukup ampuh dalam meningkatkan exposure dari video konten yang dibuat sehingga mendatangkan banyak komentar dari pengguna lain.

6. Mengikuti Tren dan Challenge TikTok

Bukan cuma asal membuat konten video menarik saja di aplikasi TikTok, dalam menerapkan cara FYP TikTok juga perlu memperhatikan adanya tren yang sedang viral setiap harinya. Terkait hal ini, Anda tidak perlu mengikuti semua tren TikTok, yang terpenting Anda dapat mengikuti tren yang sesuai dengan karakteristik konten yang dibuat atau dengan mengikuti challenge unik di dalamnya. Atau dengan cara lain, Anda sendiri bahkan bisa menggunakan salah satu tren atau challenge dari sudut pandang diri sendiri dan karakteristik konten yang selama ini Anda hasilkan. 

7. Pakai Backsound Lagu yang Populer

Cara FYP TikTok yang mungkin terbilang mudah dilakukan yakni dengan memakai backsound lagu yang sedang hits dan populer di kalangan pengguna TikTok. Untuk cara ini, Anda bisa melakukan proses editing pada video tersebut sebaik dan semenarik mungkin serta jangan lupa untuk memasukkan potongan lagu yang dirasa cocok untuk konten video yang dibuat. Dengan begitu, maka hal ini akan terbilang sangat efektif untuk membuat video yang Anda buat bisa muncul di halaman For You Page TikTok.

8. Gunakan Hashtag yang Sedang Trending

Tidak hanya berupa penambahan caption, Anda juga perlu memperhatikan penggunaan hashtag yang sedang trending untuk menjadikan video TikTok bisa FYP. Fungsi utama dari adanya hashtag pada konten video TikTok ini digunakan untuk mempermudah pengguna TikTok lain menemukan konten video yang Anda buat. Meskipun penggunaan hashtag ini bisa membantu dalam membuat konten video bisa FYP di TikTok, namun Anda juga perlu menghindari penggunaan hashtag ini secara berlebihan dan tidak sesuai dengan isi konten video yang dibuat.

9. Berinteraksi dengan Pengguna TikTok Lain

Bagi seseorang yang ingin video yang dibuat bisa FYP di TikTok, maka sangat disarankan untuk melakukan interaksi dengan beberapa pengguna TikTok lain. Yakni mulai dari memberikan komentar pada beberapa konten video yang dibuat oleh pengguna TikTok lain dan berbagai cara lainnya. Melalui cara ini, nantinya akan tercipta sebuah interaksi dimana pengguna TikTok lain juga akan berkenan untuk memberikan like pada komentar Anda dan bahkan menjadi follower baru bagi Anda.

10. Pilih Video Berdurasi Pendek

Selama ini banyak orang yang menilai bahwa semakin panjang video yang dibuat, maka hal ini akan menjadikan konten tersebut semakin menarik di mata pengguna lain. Padahal kenyataannya, hal ini tidak sepenuhnya benar mengingat TikTok sendiri umumnya merupakan sebuah platform media sosial berbasis video pendek. Karena alasan itulah, maka disini Anda sebaiknya membuat konten video dengan durasi pendek, namun pesan yang ingin disampaikan dapat langsung tersampaikan oleh pengguna TikTok lainnya.

Jadi itulah tadi 10 cara FYP TikTok yang bisa diterapkan bagi para pengguna baru, termasuk Anda sendiri yang ingin agar viral dan memperoleh keuntungan dalam membuat konten TikTok FYP nantinya.

Continue Reading
Artikel lain yang mungkin Anda cari...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Pengetahuan

To Top